FYI TRAVEL

Traveling Everydays

Breaking

Monday, 30 March 2020

Foto : Deretan Pendakian Massal Semeru


Film petualangan 5 CM dirilis perdana ditanggal cantik 12-12-12. Film ini awal penanda dimulainya film layar lebar genre petualangan gunung yang digemari banyak orang di Indonesia. Secara garis besar, film ini mengisahkan 5 orang sahabat sudah mulai kejenuhan dalam persahabatan. Untuk itu mereka ingin mendapatkan moment yang berharga dengan menaiki Gunung Semeru.

Namun dibalik kesuksesan film tersebut, film itu mem-influence para penontonnya, sehingga orang ingin tahu dan merasakan perjuangan mencapai puncak gunung Semeru. Akhirnya pecah, terjadilah pendakian masal pada tanggal 8 Juni 2013. Menurut akun twitter David Santoso yang membagikan gambar tersebut, tanggal itu belum seberapa ramai. Ada yang lebih ramai lagi tanggal 10-11 Mei 2013. "@infopendaki, @infogunung Pendakian massal apa perusakan alam massal efek dari film 5 cm.antrian menuju summit semeru." tulis dalam twitter pribadinya.

Ribuan Pendaki Memadati Danau Ranukumbolo @akuntomountain
Sementara itu, menurut akun web @akuntomountain pendakian massal juga pernah terjadi sebelum film 5 CM meledak. Pendakian massal itu di picu akibat salah satu brand alat-alat outdoor yang mengadakan Jambore di Gunung Semeru, bulan November 2012.

Antrian Pendaki Saat Turun dari Puncak @akuntomountain
Awalnya panitia mengajukan proposal 600 peserta tetapi kenyataan di lapangan 1.700 peserta. "Melakukan kegiatan tidak sesuai dengan proposal yang diajukan dimana peserta menjadi 1700 orang sedangkan di proposal hanya 600 peserta. Tentu hal ini berakibat pada ketidaksiapan panitia dan petugas TNBTS mengantisipasi lonjakan yang  padat." kutipan web @akuntomountain.

Sumber : Twitter David Santoso dan Web @akuntomountain

No comments:

Post a comment