FYI TRAVEL

Traveling Everydays

Breaking

Sunday, 22 March 2020

Pengembangan Wisata Alam Belaban


Pengembangan Wisata Alam di kawasan Taman Nasional merupakan salah satu upaya melestarikan kawasan sekaligus memberikan alternatif sumber ekonomi kepada masyarakat lokal yang berbasiskan nilai-nilai konservasi. Upaya pengembangan tersebut memerlukan proses yang panjang dan keterlibatan berbagai pihak sehingga dapat dikenal dan berkembang.

Pengembangan wisata alam Belaban di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nanga Pinoh karena memiliki potensi wisata alam yang cukup menjanjikan seperti kegiatan wisata hiking/trekking, observasi flora dan fauna, air terjun, situs budaya, arung jeram, hingga kegiatan penelitian.

Menindaklanjuti Pedoman Desain Tapak Wisata Alam Belaban di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), maka sesuai tahapan dan arahan dari pedoman Desain Tapak tersebut salah satunya perlu dilakukan kegiatan penataan areal camping ground. Dimana berdasarkan hasil penyusunan pedoman desain tapak wisata alam belaban, kondisi lokasi area berkemah (camping ground) sudah rusak dan memerlukan penataan kembali.

Balai TNBBBR menunjuk petugas pelaksana kegiatan ini dari fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) yang di ketuai oleh Toto Aryanto, dengan anggota M. Abduh, Hendro Priyandono dan Adi Sulistya H. Dengan waktu pelaksanaan dilapangan dilakukan dari tanggal 29 Maret sampai dengan tanggal 5 April 2019 dengan lokasi berada di kawasan Resort Belaban SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun proses pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan data awal terkait informasi mengenai kondisi areal perkemahan apa yang dibutuhkan maupun apa yang harus diperbaiki, kemudian dilakukan persiapan penataan berupa kebutuhan alat dan bahan, serta pembuatan papan informasi untuk penataan areal perkemahan.

Pelaksanaan dilapangan dilakukan berupa pembersihan, perbaikan serta penataan areal perkemahan. Termasuk juga pemasangan papan informasi terkait wisata alam belaban di sekitar areal perkemahan, seperti potensi fauna dan flora, nama obyek wisata, kapasitas daya dukung jembatan, dan papan informasi terkait wisata alam Belaban.

Harapannya dengan mulai dikembangkannya wisata alam belaban ini nantinya dapat menjadi destinasi wisata alam baru khususnya wisata petualangan yang ada di Kalimantan Barat. Sekaligus dapat mempromosikan budaya lokal dan secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta dapat mendukung upaya pelestarian hutan baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan melalui penyadartahuan pentingnya menjaga lingkungan hidup untuk dapat menikmati keindahan alam dan kekayaan flora dan fauna yang masih terjaga kelestariannya.

Sumber : Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

No comments:

Post a comment