FYI TRAVEL

Traveling Everydays

Breaking

Thursday, 16 April 2020

Foto : Flu Spanyol 1918

Mewabahnya pandemik Coronavirus (Covid-19) tahun 2020 (Awal abad 21), bukan kali pertama -- sebelumnya dunia juga pernah menghadapi wabah virus yang sama mematikan, Flu Spanyol di tahun 1918 (awal abad 20) -- saat itu pandemik (Flu Spanyol) menginfeksi hampir 1 milyar jiwa dan jutaan korban meninggal. menurut para ahli saking dahsyatnya serangan wabah ini membuat virologis Amerika Serikat Jeffery Taubenberger menyebut Flu Spanyol sebagai "The Mother of All Pandemics."


Asal-muasal pertama mewabah ini masih jadi perdebatan, menurut Frank Macfarlane Burnet, virologis Australia yang mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari influenza, pandemi 1918 bermula di Camp Funston dan Haskell County (Kansas) Amerika Serikat. Sementara menurut North China Daily News, seperti dikutip harian Pewarta Soerabaia, pandemi bermula di Swedia atau Rusia lalu menyebar ke Tiongkok, Jepang, dan Asia Tenggara (dilansir Historia.id).

BACA JUGA : Jurus Pageblug Corona Ala Dukun Sragen


Kemudian virus ini (Flu Spanyol) mulai mereda setahun kemudian tahun 1919 -- dengan fakta demikian mengindentifikasi kan bahwa wabah pandemik ini datang 100 tahun sekali, seperti yang terjadi sekarang?

Foto ini beri bukti Flu Spanyol menginfeksi jutaan orang di dunia.

BACA JUGA : Saat Jakarta Sepi





BACA JUGA : Berkumpul Bersama Keluarga


Sumber : dari sejumlah tulisan, Historia.id, Wikipedia/National Museum of Health and Medicine (foto)

No comments:

Post a comment