FYI TRAVEL

Traveling Everydays

Breaking

Monday, 13 April 2020

Rumah Baru Dara

Dara, seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) berjenis kelamin betina. Ia di translokasikan ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) pada (10/4). Translokasi ini dilaksanakan oleh Tim yang terdiri dari BKSDA Aceh, BBTNGL, WCS IP, FKL, PKSL FKH Unsyiah, Kepolisian dan TNI.
Dara ditranslokasi setelah melalui proses screening kesehatan dan kelayakan oleh Tim Medis Satwa BKSDA Aceh didampingi oleh Dokter Hewan dari FKL dan PKSL FKH Unsyiah. Lokasi translokasi juga telah melalui survey kelayakan daya dukung habitat untuk harimau tersebut.
Setelah melalui proses observasi tersebut, akhirnya Dara dinyatakan layak untuk dilepasliarkan ke habitat yang lebih baik yaitu di TNGL. Pada proses pelepasliaran, Dara masih menunjukkan sifat liarnya, masih sangat reaktif, hal ini terlihat pada saat pintu kandang dibuka DARA langsung berlari menjauh masuk ke dalam kawasan TNGL.

Dara merupakan salah satu dari 3 harimau yang terdeteksi dari camera trap, dimana salah satu individu lainnya cidera pada bagian kaki depan (cacat/buntung) yang diduga akibat terkena jerat.

Harimau yang cidera cenderung mencari mangsa yang mudah diburu terutama ternak warga, disamping itu lokasi konflik harimau tersebut terisolir di pemukiman dan perkebunan masyarakat. Hal inilah yang menjadi pertimbangan dilakukannya penyelamatan (rescue) harimau dari salah satu Desa kecamatan Sultan Daulat.
Sumber : BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam)









No comments:

Post a comment