FYI TRAVEL

Traveling Everydays

Breaking

Friday, 10 April 2020

Tadi Malam Krakatau Erupsi, Masyarakat Diminta Jaga Jarak Aman 2 Km dari Bibir Kawah

Ilustrasi letusan Gunung Anak Krakatu dari @vues_sur_terre
Malam tadi gunung Anak Krakatau Erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan resminya meminta agar masyarakat dan wisatawan menjaga jarak aman 2 km dari bibir kawah gunung Anak Krakatau.

"Masyarakat atau wisatawan tidak diberbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah." tulisnya dalam keterengan resminya dikutip dari Detik.com

BACA JUGA : Foto : Tambora Riwayat-Mu Kini

Letusan gunung Anak Krakatau, Jumat (10/4). Foto : dok. PVMBG
Sementara itu, dari hasil pengamatan situs MAGMA kementerian ESDM, letusan itu terjadi 2 kali. Pertama terjadi pada Jumat (10/4/2020) malam. Letusan pertama terjadi pukul 21.58 WIB.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Jumat, 10 April 2020, pukul 21.58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 357 m di atas permukaan laut)," tulis situs tersebut.

BACA JUGA : Gunung Tambora Meletus : Kala Raja Tambora disebut Kafir oleh Seorang Arab

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dan durasi 72 detik.

Kemudian pada Letusan kedua terjadi pada pukul 22.35 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 m di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal kea rah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 40 mm dengan durasi 2248 detik," tulisnya.

Sumber : Detik.com, MAGMA, PVMBG

No comments:

Post a comment